Selasa, 26 Juni 2012

Cara Mencegah Penyakit ASMA Kambuh


Penyakit Asma

Asma adalah suatu  keadaan dimana saluran napa mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan  tertentu.

Ø  Penyebab  Asma
Sampai saat ini penyebab penyakit asma belum diketahui secara pasti meski telah banyak penelitian oleh para ahli. Teori atau hypotesis mengenai penyebab seseorang mengidap asma belum disepakati oleh para ahli didunia kesehatan.
Namun demikian yang dapat disimpulkan adalah bahwa pada penderita asma saluran pernapasannya memiliki sifat yang khas yaitu sangat peka terhadap berbagai rangsangan (bronchial hyperreactivity = hipereaktivitas saluran napas) seperti polusi udara (asap, debu, zat kimia), serbuk sari, udara dingin, makanan, hewan berbulu, tekanan jiwa, bau/aroma menyengat (misalnya;parfum) dan olahraga.

Ø  Cara Mencegah Asma Kambuh
Upaya yang dilakukan untuk menghindari dan mencegah penyakit asma kambuh;
 
o   Apabila punya korden atau tirai lebih baik dicuci setiap 2 minggu sekali, hal ini untuk mengurangi debu yang menempel ditirai tersebut.
o   Jangan menggunakan obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk, karena asapnya bisa menimbulkan kambuhnya asma.
o   Apabila menggunakan bantal kapuk, lebih baik dibungkus dengan bahan plastik sehingga debu kapuk tidak terhirup oleh penderita.
o   Diusahakan lantai rumah dibersikan setiap hari.
o   Mengurangi jumlah buku, majalah dan kertas-kertas didalam kamar tidur.
o   Menghindari untuk menggunakan AC dan kipas angin secara berlebihan
o   Jangan memelihara hewan yang mempunyai bulu lebat, misalnya : kucing, anjing, kelinci dll. Jika memang mau memelihara hewan tersebut lebih baik diletakkan di luar rumah.
o   Gunakanlah penyedot debu untuk membersihkan ruangan kamar.
o   Lebih baik lemari pakaian dikeluarkan dari kamar. Kemudian pakaian sebaiknya dicuci 2 minggu sekali meskipun ada dilemari. Kalau tidak mau mencuci, lebih baik baju dibungkus dengan plastik.
o   Berolah raga dengan teratur, tapi tidak berlebihan karena kalau olah raga berlebihan bisa menyebabkan kelelahan yang bisa menyebabkan kambuhnya asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar